Wisudawan IAIN Kudus Menurun

KAMPUS

Written by:

Kejoramuria.com,- Jumlah mahasiswa IAIN ( Institut Agama Islam Negeri) Kudus yang mengikuti wisuda tahun ini mengalami penurunan. Wisuda yang dilaksanakan secara online ini hanya diikuti 476 mahasiswa atau menurun 50 persen.

Menurut Mundakir, Rektor IAIN Kudus, pada periode-periode sebelumnya jumlah wisudawan selalu diatas seribu orang.

“ Penurunan ini diduga dampak dari pandemic covid19 . Tahun kemarin ada 1300 mahasiswa yang mengikuti wisuda ,” ungkap Mundakir.

Dampak pandemic covid19 menyebabkan proses perkuliahan maupun tugasakhir mahasiswa tidak berjalan dengan normal . Terlebih dalam tiga bulan terakhir semua dilaksanakan secara online.

“ tetapi proses wisuda secara daring ini tetap dilaksanakan dengan tidak mengurangi rasa kesakralan prosesinya,” tukasnya.

Dijelaskan, apabila proses wisuda ditunda sampai selesainya masa pandemic covid19 maka akan terjadi tumpukan dan akan menjadi sangat banyak pada periode mendatang. Namun yang terpenting adalah supaya mahasiswa segera bisa memanfaatkan ijazah yang diberikan. Berdasarkan jadwalnya, wisuda berikutnya akan dilaksanakan bulan November 2020 dan masih dilakukan secara daring. Sebab belum ada kepastian dari pemerintah terkait waktu berakhirnya masa pandemic.

Hal senada juga diungkapkan Supaat, wakil rector 1 IAIN Kudus, yakni beberapa factor yang mempengaruhi turunnya jumlah wisudawan. Misalnya, kendala menyelesaikan skripsi dan tesis secara online. Mahasiswa mengalami banyak kendala, misalnya infrastukrur, kultur maupun teknologi ketika akan kuliah secara online.

“ Mahasiswa kita berasal dari banyak daerah dan berbeda geografis. Bisa mengalami kesulitan signal sampai tidak adanya kuota pas akan dimulai online ,” terangnya.

Melihat kondisi tersebut, pihak IAIN akan membuat kebijakan khusus yaitu pelayanan secara offline secara terbatas. Khususya untuk bimbingan tugas akhir di semester gasal. Apabila tidak ditempuh kebijakan ini bisa berdampak pada bulan juni 2021 akan mengalami penumpukan jumlah wisudawan.

“ Sebab saat ini mahasiswa yang mengikuti KKN IAIN Kudus mencapai 2400 orang. Diperkirakan mereka akan mengikuti wisuda pada tahun 2021 pertengahan. Maka untuk mengurangi penumpukan tersebut, kami akan memberikan pelayanan bimbingan secara offline terbatas untuk mahasiswa yang sedang bimbingan tugas akhir ,” paparnya. (fya)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *