Pemberhentian Sementara Kades Tergo

Uncategorized

Written by:

Kudus, KejoraMuria. Com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kudus menjelaskan pemberhentian sementara Bambang Kusudiarso yakni Kepala Desa (Kades) Tergo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus akibat tidak melaksanakan tanggung jawab dalam Pemerintahan Desa.

Kepala Dinas PMD, Adi Sadono melalui Kasi Pemerintah dan Permusyawaratan Desa Dian Noor Tamsiz, Kades Tergo dalam hal ini tidak menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LPPD) 2017, laporan pertanggungjawaban APBDes 2017, dan APBDes 2018.

“Kades Tergo sudah diberhentikan sejak 3 Mei 2019. Pemberhentian sementara ini akan berlangsung hingga 7 bulan ke depan,” kata Dian.

Pemberhentian sementara, kata dia didasari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2017 atas Perubahan Perda Nomor 2 Tahun 2015 tentang  Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa.

Baca juga  NYARIS MASUK ESKALATOR, SEORANG BOCAH BERHASIL DISELAMATKAN

Selama enam bulan saat diberhentikan, tugas kades akan digantikan oleh perangkat desa sebagai pelaksana tugas. Dalam masa pemberhentian sementara ini, Kades Tergo akan diberikan pembinaan untuk menyelesaikan beberapa laporan yang tidak dilakukan.

“Da harus menyelesaikan laporan pertanggungjawaban Pemdes 2017, selama diberhentikan,” kata dia.

Dia menyebut jika hal ini dapat menjadi pelajaran bagi kades lain di Kudus, agar memperhatikan tanggung jawabnya.

“Ini bisa jadi pelajaran bagi kades lain. Jika ada sesuatu harus dikomunikasin dengan perangkatnya, BPD (Badan Permusyawaratan Desa), serta pihak kecamatan,” katanya. (*/ap)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *