Lestarikan Tradisi, Warga Kaliputu Gelar Kirab Jenang Tebokan

RAGAMSENI & BUDAYA

Written by:

Kudus, KejoraMuria. Com – Kabupaten Kudus terkenal dengan jajanan khasnya, yakni Jenang Kudus yang berada di sentra produksi Desa Kaliputu, Kota. Untuk melestarikan keberadaan Jenang Kudus, warga Kaliputu menggelar Kirab Jenang Tebokan.

Kirab dilakukan hari ini (11/09/2018) di sepanjang jalan. Kirab dilakukan dengan mengarak gunung yang berisi jenang berbagai macam.

Aneka macam jenis jenang yang diarak mulai dari Jalan Sosrokartono menuju Kantor Balai Desa Kaliputu menarik ribuan masyarakat Kudus untuk menunggu gunungan jenang tersebut dipinggir jalan.

Tak sekedar gunungan jenang namun kirab juga diramaikan oleh berbagai kostum menampilkan beberapa tokoh Kudus ala Jember Fashion Carnaval. Berbagai kostum dipamerkan di sepanjang jalan.

Menurut cerita di masyarakat awal mula jenang di Kudus dari adanya seorang nenek yang memiliki cucu. Namun cucunya terus diganggu oleh Banaspati.

Baca juga  Dubai Tawarkan Ferari Pada Egg Boy yang Timpuk Telur Senator Australia

Tak ayal oleh Saridin (Syeikh Jangkung) atau murid Sunan Kudus, masyarakat sekitar disuruh membuat jenang. Berkat jenang tersebut cucu sang nenek terbebas oleh gangguan Banaspati.

Kepala Desa Kaliputu, Suyadi menjelaskan jika kirab tersebut selalu dilakukan setiap tahun di Desa Kaliputu. Tak lain hal tersebut dilakukan karena Desa Kaliputu sebagai sentra dan cikal bakal produk-produk Jenang Kudus.

”Jenang sebagai identitas Kabupaten Kudus, merupakan unggulan Desa Kaliputu yang dilestarikan masyarakat, ” terangnya.

Tercatat sebanyak 48 industri jenang berada di Desa Kaliputu. Selain sebagai usaha masyarakat Kaliputu, jenang mampu menyerap tenaga kerja 15-50 orang per usaha.

”Ada sekitar 48 industri produksi jenang di Desa Kaliputu, baik itu skala kecil maupun besar. Juga banyak tenaga kerja yang mampu diserap oleh sektor produksi jenang,” ucapnya.

Baca juga  Tradisi Nganten Mubeng Gapura Dipercaya Hindarkan Bala

Karena jenang menjadi identitas Kabupaten Kudus dan memiliki makna bagi masyarakat. Maka tradisi kirab jenang Tebokan akan dilaksanakan setiap tahun. Tak lain agar masyarakat mau terus melestarikan keberadaan jenang sebagai tradisi.

Sementara saat pelaksanaan kirab dilakukan pengalihan arus lalu lintas oleh Polres Kudus. Selain itu dilakukan pengamanan terkait terdapat gunungan berbagai macam jenang yang akan diperebutkan masyarakat yang sudah menunggu di sekitar Balai Desa Kaliputu. (ap)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *