Hartopo : Jaga Integritas ASN Jangan Sampai Dirongrong

POLITIK DAN PEMERINTAHAN

Written by:

Ket: Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat menyematkan tanda pangkat pada Camat Kaliwungu, Satria Agus Himawan. Foto: sofyan

Kejoramuria.com,- Sebuah amanah dan tanggung jawab negara harus dilaksanakan sesuai aturan dan tupoksi yang berlaku. Pesan tersebut ditekankan Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo kala melantik 60 pejabat yang terdiri dari pimpinan tinggi pratama, administrator, dan pengawas serta direktur perusahaan daerah di Pendopo Kabupaten Kudus, Jum’at (10/7). Pihaknya mengimbau agar usai dilantik para pejabat langsung bekerja melayani masyarakat dengan baik.

H.M. Hartopo menyampaikan, pejabat harus menjaga integritas diri dan tempat bekerja. Pasalnya, selama ini masih banyak ditemui instansi yang menjadi zona integritas namun secara kualitas masih belum bisa menjaga integritas. Para pejabat harus tegas untuk memegang teguh aturan yang berlaku.

“Jangan sampai tergoda oleh apapun. Anda semua harus tegas dan menjaga integritas diri dan instansi tempat Anda bekerja,” tegasnya.

Pejabat sebagai pelayan masyarakat harus sabar dan ikhlas dalam memberikan pelayanan. Pihaknya yakin dalam melayani terdapat masyarakat yang kurang sabar maupun kurang puas. Hartopo meminta para pejabat harus banyak memberi, bukan sebagai orang yang diberi.

Baca juga  Dirjen Dukcapil Bongkar Penjualan Online Blangko KTP Elektronik

“Mari jadikan jabatan sebagai ladang ibadah dalam melayani masyarakat. Jangan berhenti untuk ramah dan ikhlas untuk memberikan pelayanan terbaik. Lebihbaik tangan diatas daripada tangan dibawaah,” pesannya.

Selain itu, Hartopo mengajak para pejabat untuk tidak berhenti belajar dan mengikuti perkembangan zaman 4.0. Jangan sampai orang yang dilayani justru lebih pintar dari yang melayani. Oleh karena itu, para pejabat diminta meningkatkan kapasitas dengan membaca dan study banding.

“Selalu upgrade pengetahuan untuk mengikuti zaman digitalisasi seperti ini. Bekerjalah profesional dan selalu belajar,” pesannya.

Di akhir sambutannya, H.M. Hartopo meminta para pejabat menjadi pelopor dan aktif mensosialisasikan protokol kesehatan di tengah pandemi. Kalau bisa, pejabat harus memimpin keluarga dan masyarakat sekitarnya untuk saling gotong royong mengatasi Covid-19.

Baca juga  200 Juta Disiapkan Bagi Pelapor Dugaan Korupsi
Ket: Para ASN pemkab Kudus menjalani pengucapan sumpah jabatan sebagai kewajiban sebalum menjalankan aktifitas di tempat baru. Foto: sofyan

“Di lingkaran masyarakat tempat tinggal, Anda harus dapat menjadi pelopor untuk penerapan protokol kesehatan. Kami minta semua ASN, tanpa terkecuali untuk menjadi contoh buat masyarakat dalam membiasakan diri memakai masker, sering mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak dengan orang lain, serta menghindari kerumunan,” harapnya.

Dijelaskan, saat ini terjadi lonjakan kasus COVID-19 di Kabupaten Kudus karena sedang dilakukan pemilahan massal dan penelusuran kontak secara masif. Untuk itu, dia meminta seluruh ASN tetap waspada penularan virus, sedangkan masing-masing PD diminta membentuk satuan tugas protokol kesehatan.

“Kami berharap, persiapan menuju tatanan kehidupan baru mulai diterapkan secara disiplin di lingkungan perkantoran,” tandasnya. (fya)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *