Gugatan PHPU Diregister, KPU Buka Kotak Suara

PEMILU 2019

Written by:

Kudus, KejoraMuria. Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus membenarkan adanya tiga gugatan dari caleg Kudus yang telah diregister oleh Mahkamah Konstitusi. Sebelumnya tiga caleg masing-masing dapil 3 dan dapil 4 mengajukan gugatan hasil Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Selain itu ada pula gugatan dari Partai Berkarya.

Hal tersebut ditindaklanjuti oleh KPU Kabupaten Kudus dengan melakukan pembukaan kotak suara, Jum’at (5/7) di Aula KPU. Pembukaan 50 kotak suara dilakukan didepan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kudus dan pihak Kepolisian.

“Kotak suara yang dibuka dari masing-masing PPK di Kudus, disaksikan oleh Bawaslu dan Kepolisian,” ujar Ketua KPU Kudus, Naily Syarifah.

Nantinya, kata dia berkas berupa C1 hologram, C2, C7.DPT, C7.DPPh, C7.DPTb, dan DA, DAA, DA1, DA2, DA.DH, dan DA. TT akan dilakukan penggandaan dan diberikan segel serta materai untuk dibawa ke MK.

Baca juga  KPU Kudus Tetapkan 630.618 DPT Hasil Perbaikan Kedua

Sementara Komisioner KPU Devisi Hukum Cahyo Maryadi menyebut  tiga gugatan dari dilayangkan oleh tiga caleg, yakni Bambang Kasriyanto (PAN) dan Agus Setyobudi (Hanura) dari dapil 3 Kudus (Jekulo Dawe). 

“Kami menyiapkan berkas pendukung dan jika dibutuhkan saksi akan kami siapkan. Namun sementara ini kami telah membuat kronologi terkait gugatanucapnya diajukan pemohon,” ucapnya.Dalam petitum gugatan meminta MK mengabulkan permohonanya untuk membatalkan keputusan KPU nomor 987/PL.01.8-KPT/06/KPU/V/2019; menetapkan hasil perolehan suara yang benar untuk pemohon di beberapa wilayah.

Sementara Bambang Wariono (Gerinda) dari dapil 4 (Bae, Mejobo, Undaan) meminta mengabulkan permohonannya untuk seluruhnya membatalkan keputusan KPU nomor 987/PL.01.8-KPT/06/KPU/V/2019; menetapkan hasil perolehan suara yang benar untuk Pemohon di beberapa wilayah.

Baca juga  KPU Kudus Buktikan Kotak Suara 'Kardus' Kuat dan Aman

Sementara itu berdasarkan Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 1 Tahun 2019, tahapan PHPU mulai tanggal 9-12 Juli 2019 yakni pemeriksaan pendahuluan dan berkas.

Tanggal 12-26 Juli tahap pemberian jawaban dan keterangan. Lalu tanggal 15-30 Juli 2019 pemeriksaan persidangan, tanggal 31 Juli hingga 15 Agustus 2019 dilakukan rapat permusyawaratan hakim. Sidang sumpah pada tanggal 6-9 Agustus dan penyerahan salinan putusan tanggal 6-14 Agustus 2019. (*/ap)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *