Ditarget 7 Persen Ekonomi Jateng Baru Tumbuh 5,62 Persen

EKONOMI

Written by:

KejoraMuria. Com – Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah merilis angka pertumbuhan ekonomi di Jateng. Pada triwulan ke-2 tahun 2019 pertumbuhan ekonomi baru mencapai 5,62 persen. Sementara sebelumnya pertumbuhan ekonomi ditarget 7 persen.

Kepala BPS Jateng Sentot Bangun Widoyono menjabarkan jika pertumbuhan ekonomi Jateng meningkat dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, pertumbuhan hanya 3,54 persen.

Meskipun demikian hasil ini dirasa cukup sulit mencapai target pertumbuhan tujuh persen dalam lima bulan terakhir.

Sementara itu, faktor pendukung pertumbuhan ekonomi tertinggi diduduki kategori penyedia akomodasi dan makan minum sebesar 19,40 persen.

“Tingginya pertumbuhan dari kategori tersebut tidak terlepas dari meningkatnya permintaan makanan dan minuman yang mendukung pada pemilihan umum,” terang Sentot dalam keterangan tertulis.

Faktor lain yang mendukung pertumbuhan kategori makanan minuman dan akomodasi adalah karena pada triwulan II terdapat momen Ramadan dan Idulfitri yang juga meningkatkan permintaan di tingkat masyarakat. 

Sedangkan menurutnya beberapa kategori yang belum tergarap maksimal dan potensinya cukup besar.

Dia menyebut Industri yang patut didorong untuk mewujudkan target pertumbuhan ekonomi di sisa tahun 2019 ini adalah kategori jasa akomodasi dan pariwisata.

“Triwulan ketiga dan ke empat biasanya akan menjadi musim puncak bagi perhotelan, penerbangan, dan pariwisata,” tutupnya. (*/ap)

Bagikan :
Baca juga  Kenaikan Harga Cabai Jadi Penyebab Utama Inflasi di Kudus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *