Disbudpar Kudus Usulkan 2,5 Miliar Kembangkan Situs Patiayam

SENI & BUDAYA

Written by:

Kudus, KejoraMuria. Com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus mengusulkan anggaran 2,5 miliar pada APBD 2019. Tak lain dana tersebut diusulkan untuk pengembangan Situs Patiayam di Terban, Jekulo.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, melalui Kabid Kebudayaan, Sutiyono, menjelaskan jika hingga saat ini status tanah Situs Patiayam merupakan tanah Pemerintah Desa Terban yang disewa oleh Pemkab Kudus.

Rencananya pengembangan Situs Patiayam akan menggunakan tanah milik warga sekitar yang ditaksir menelan biaya pembelian sekitar 2,5 miliar tersebut.

“Jika tanah yang digunakan sebagai museum sudah berstatus sebagai milik Pemkab, maka kedepannya pengembangan situs dapat dilakukan secara maksimal. Dari segi tata ruang, diorama dan fasilitas penunjang lainnya akan diperbaiki agar muesum patiayam nampak lebih bagus dan menarik, layaknya situs purbakala yang ada di Sangiran,” jelas dia.

Baca juga  Hari Jadi Kabupaten Pati, Boyongan Pakai Kereta Kencana

Lanjut dia, selama ini wisatawan hanya sekedar mengunjungi Rumah Fosil dan gardu pandang. Kedepannya, Sutiyono menjelaskan akan menggelar event-event menarik guna menarik daya kunjungan wisatawan.

Terakhir, pihaknya menjelaskan jika Situs Patiayam memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi pariwisata unggulan Kabupaten Kudus. Hal tersebut mengingat temuan fosil-fosil di Situs Patiayam tergolong lengkap dan beragam sehingga harus dikelola dengan lebih baik lagi. (ap)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *