Dinsos Minta Desa Perbaiki Data Penerima BPNT

POLITIK DAN PEMERINTAHANUncategorized

Written by:

Kudus, KejoraMuria. Com – Dinas Sosial P3AP2KB Kudus meminta agar Pemerintah Desa memperbaiki data penerima Bantuan Pangan Non Tunai. Hal tersebut harus dilakukan secara berkala agar penerima bantuan tepat sasaran.


Sebelumnya Kepala Dinsos P3AP2KB Kudus, Ludful Hakim melalui Kasi Pemberdayaan Keluarga Miskin menyayangkan hampir seluruh desa di Kudus tidak melakukan perbaikan data penduduk miskin melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS NG) yang nantinya menjadi Basis Data Terpadu (BDT) yang menentukan penerima bantuan BPNT.


”Hampir semua desa belum melakukan perbaikan data dengan mengaplikasikan SIKS NG, sudah kami sosialisasi. Hal itu agar penerima BPNT tepat sasaran,” ujar Ida Kurnia.


Lanjut dia, data ada dalam BDT awalnya mengacu pada survei 2011 yang membutuhkan perbaikan secara berkala. Pada 2017 lalu telah dilakukan Pemutahiran BDT.

Baca juga  Kudus Terima Penghargaan Adipura 2018


Melalui sistem tersebut dapat dilakukan verifikasi dan validasi data Data By Name By Address yang ada di SIKS-NG menjadi acuan pelaksanaan program penanganan fakir miskin dan perlindungan sosial yang secara bertahap akan diintegrasikan secara luas.


Dia mengaku jika pihak Dinsos sudah melakukan pendampingan melalui petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Namun hal tersebut tergantung dari kesiapan sumber daya perangkat di masing-masing Desa.


”Sudah kami lakukan pendampingan, meskipun jumlah tenaga terbatas. Namun sayangnya desa juga tidak siap,” terangnya.


Hal tersebut, tidak dipungkiri jika menyebabkan terkadang masih ditemukan penerima BPNT di beberapa Desa yang tidak semestinya. Pihaknya meminta agar Desa dapat berkomitmen melakukan perbaikan data penerima BPNT agar tepat sasaran.

Baca juga  Mendatangi Gunung Tidar "Pakuning Jawa"


Saat ini terdapat penerima BPNT di Kudus tercatat sebanyak 40.824 keluarga yang setiap bulannya menerima bantuan Rp. 110 ribu untuk dibelanjakan beras dan telur di Warong Elektronik yang tersebar di Kudus. (ap)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *