DATA KEPENDUDUKAN BELUM UPDATE, SILAHKAN WA KE HELPDESK DUKCAPIL KUDUS

Uncategorized

Written by:

Putut Winarno, Sekretaris Dinas Dukcapil Kudus

Kejoramuria.com-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, akhir-akhir ini menerima banyak pengaduan dari warga terkait data kependudukannya yang tidak masuk pada layanan umum, semisal untuk pengurusan BPJS, perbankan maupun untuk pendaftaran nomor ponsel.

Sekretaris Dinas Dukcapil Kudus, Putut Winarno, diruang kerja Dinas Dukcapil Kudus (17/03), membenarkan bahwa memang ada warga yang mengadukan pelayanan terkait belum terupdatenya data kependudukan utamanya untuk warga yang mengajukan pelayanan di BPJS, Perbankan atau untuk pendaftaran nomor ponsel.

Menurutnya, hal ini bisa terjadi dikarenakan server data pada Ditjen Dukcapil Kementerian dan Server yang dimiliki instansi atau Lembaga pemerintah dan swasta atau perbankan tersebut tidak secara otomatis mengupdate data. Lanjutnya, update ini dialami pada warga yang sebelumnya melakukan perubahan data kependudukan, misal pindah alamat atau perubahan data lainnya.

Baca juga  The best Question You have to Ask for Best Antivirus For Android Smartphones Anti virus for Google android

“Jika ada yang mengalami kejadian seperti ini, warga bisa mengirimkan nomor KK dan NIK nya ke Helpdesk kami, kirim melalui WA dengan nomor 08122299958, itu nomor WA Helpdesk, petugas kami segera menindaklanjuti melaporkan ke admin pusat untuk mengupdate datanya”, jelas Win panggilan akrab sekdin Dukcapil ini.

“Belum updatenya data pada instansi layanan ini, bukan hal yang baru-baru saja, ini sudah dari dulu, tidak semua hanya Sebagian kecil saja”, terangnya.

Untuk pelayanan administrasi kependudukan utamanya KTP el, menurut data Dukcapil Kudus per bulan Maret, jumlah penduduk Kudus sebanyak 865.969 orang dengan jumlah wajib KTP el sebanyak 641.070 atau sekitar 74,03 persen, dengan warga yang telah melaksanakan perekaman sebanyak 99,09 persen atau sebanyak 635.234 warga,  sehingga masih ada warga yang belum melaksanakan perekaman sebanyak 5.827 atau sekitar 0,91 persennya. (Babe)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *