MK Putuskan Gugatan PHPU Dapil IV Kudus Dissmisal

PEMILU 2019

Written by:

Kudus, KejoraMuria. Com – Gugatan Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) Legislatif tahun 2019 di dapil IV (Kecamatan Mejobo, Kecamatan Undaan, dan Kecamatan Dawe) Kabupaten Kudus diputus dissmisal atau tidak dilanjutkan oleh Mahkamah Konstitusi.

Dikutip dari putusan resmi Mahkamah Konstitusi, Senin (22/7) gugatan oleh caleg Agus Wariono di dapil IV Kabupaten Kudus diputus tidak dapat dilanjutkan setelah Majelis Hakim berpendapat jika posita tidak mencantumkan persandingan perolehan suara menurut pemohon.

Ketua KPU Kudus, Naily Syarifah menyebut gugatan yang dilayangkan di dapil IV oleh caleg Agus Wariono dari partai Gerindra diputus tidak dilanjutkan ke tahap pemeriksaan bukti dan saksi. 

Hasil putusan tersebut otomatis membuat kesempatan Agus Wariono untuk duduk kembali di kursi DPRD Kabupaten Kudus kandas.

Baca juga  KPU Kudus Masih Lakukan Pelipatan Surat Suara DPD

Sebenarnya ada dua lagi gugatan PHPU di Kabupaten Kudus yakni di dapil III (Kecamatan Jekulo dan Kecamatan Dawe) yang dilayangkan oleh Bambang Kasriyanto (PAN) dan Agus Setyobudi (Hanura) dari dapil 3 Kudus.

“Kami masih hasil menunggu gugatan PHPU dapil III karena menurut Majelis Hakim perkara tersebut tidak perlu pembuktian tapi ada pembacaan putusan akhir perkara tersebut,” ucapnya.

Namun, lanjut dia dalam pembacaan putusan untuk gugatan PHPU di Kabupaten Kudus tidak dibacakan sebagai perkara yang dilanjutkan tahap pembuktian.

Sebelumnya diketahui Kabupaten Kudus terdapat tiga gugatan PHPU legislatif oleh Agus Wariono (Dapil IV), sementara dua gugatan dari Bambang Kasriyanto (PAN) dan Agus Setyobudi (Hanura) (Dapil III). (*/ap)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *